Cara Mudah Mendapatkan Kuota Gratis dari Kemendikbud Untuk Pengguna Kartu Telkomsel, Indosat & Tri

Cara Mendapatkan Kuota Gratis dari Kemendikbud

Pandemi Covid-19 masih mengintai kita, oleh karena itu sampai detik ini di sebagian wilayah negeri Indonesia kegiatan belajar mengajar masih dilakukan secara daring atau online.

Hal inilah yang kemudian membuat pemerintah melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengeluarkan kebijakan berupa bantuan kuota internet gratis untuk para pelajar, mahasiswa, dan juga para tenaga pendidik (Guru atau Dosen).

Kebijakan berupa bantuan kuota internet gratis ini diharapkan dapat membantu meringankan beban para orang tua pelajar dan mahasiswa dalam menekan biaya pengeluaran selama masa pandemi covid-19.

Kemendikbud akan memberikan dukungan kuota internet gratis ini tidak hanya kepada siswa/pelajar saja, namun juga untuk para tenaga pendidik.

Tahap pertama penyaluran bantuan berupa kuota internet ini sudah berjalan. Diketahui beberapa proveder yang menjadi mitra Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dalam urusan bantuan kuota internet gratis ini adalah seperti Indosat, Tri, dan Telkomsel.

Dan berikut ini adalah cara untuk mendapatkan bantuan kuota internet gratis Telkomsel, Indosat, dan Tri dari Kemendikbud bagi para pelajar dan mahasiswa.

Cara Mendapatkan Kuota Gratis Telkomsel, Indosat, dan Tri Untuk Pelajar

Untuk para pelajar tingkat SD, SMP, dan SMA anda hanya cukup memberikan nomor ponsel ke pihak sekolah.

Kemudian dari pihak sekolah akan mengajukan nomor-nomor tersebut kedalam aplikasi Dapodik. Setelah itu barulah nanti kuota gratis  Telkomsel dari kemendikbud untuk proses pembelajaran jarak jauh akan segara terisi.

Cara Mendapatkan Kuota Gratis Indosat untuk Mahasiswa

Tidak jauh berbeda dengan proses pengurusan pengaktifan kuota gratis dari Kemendikbud untuk tingkat pelajar, mahasiswa harus melampirkan nomer ponsel yang aktif dari salah satu proveder (Tri, Indosar, dan Telkomsel) yang sudah melakukan kerja sama  dengan pihak pemerintah sesuai dengan surat edaran untuk memutahirkan data nomor ponsel mahasiswa.

Kemudian nanti dari pihak Universitas akan melanjutkan teknis pengajuan nomor ponsel mahasiswa sesuai dengan arahan Kemendikbud.

Untuk anggaran pembelajaran jarak jauh ini, pemerintah melalui Kemendikbud atau Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyediakan anggaran sebesar Rp.7,2 triliun.

Jadi buat kalian yang belum mendapatkan kuota internet gratis dimasa pendemi ini buruan segera konfirmasi ke pihak sekolah atau universitas ya guys.

Kemendikbud memberikan dukungan kuota internet gratis ini bervariasi, tergantung pada tingkat pendidikan.

Seperti yang telah terkonfirmasi bahwa, untuk tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) akan mendapatkan subsidi kuota internet gratis sebesar 20GB/bulan, dengan rincian 15GB kuota pembelajaran dan 5GB kuota umum.

Sedangkan untuk Sekolah Dasar (SD) dan Menengah (SMP dan SMA) siswa akan mendapatkan subsidi dukungan kuota internet gratis sebesar 35GB/bulan, dengan rincian kuota pembelajaran sebesar 30GB dan 5GB sisanya kuota umum.

Sementara untuk para mahasiswa akan mendapatkan kuota internet gratis dari pemerintah sebesar 50GB, dimana 45GB adalah kuota pembelajaran dan 5GB kuota umum.

Nah, demikianlah informasi mengenai Cara Mendapatkan Kuota Internet Gratis Telkomsel, Tri, dan Indosat dari Kemendikbud Selama masa pendemi covid-19.

Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan komentar