Cara Mudah Flash Lenovo A6000

Produk keluaran lenovo tidak boleh kita pandang dengan sebelah mata. Karena nyatanya banyak pengguna smartphone  lenovo ini menyatakan cukup puas dengan performa yang dimilikinya.

Lalu bagaimanakah dengan anda..?

Bahkan tidak sedikit kami temui pemilik jasa service handphone merekomendasikan smartphone merek ini. Hanya saja terkadang terjadi beberapa error software yang sebagin besar masalah ini muncul karena kesalahan dari si pengguna itu sendiri.

Kendala yang paling banyak di temui oleh para pemakai Lenovo A6000 adalah mengalami bootloop. Bootloop itu sendiri adalah kondisi dimana sistem android lenovo A6000 kehilangan atau mengalami kerusakan pada salah satu atau beberapa file pada sistem.

Jika itu terjadi, maka sistem oprasional smartphone tidak akan mampu hidup dengna normal. Lalu bagaimana cara menangani permasalahan HP lenovo A6000 yang mengalami bootloop tersebut..?

Tenang dan jangan khawatir, untuk memperbaiki masalah ini kalian tidak membutuhkan obeng atau tang sekalipun dalam menyelesaikan permasalahan ini.  Karena ganguan yang terjadi adalah hanya error sistem, maka cara terampuh yang kami rekomendasikan adalah dengan melakukan flashing.

Flashing sendiri berguna tidak hanya untuk menangani masalah bootloop saja, lebih dari itu flashing juga bisa kalian gunakan untuk memodifikasi tampilan pada smartphone android kalian.

Misalnya saja seperti  fount, ganti bahas, dan mengubah tampilan yang sifatnya tidak bisa dilakukan tanpa flashing.

Bagaimana tertarik untuk melakukan flashing..?

Jika kalian tertarik untuk melakukannya kalian bisa ikuti tutorial cara flashing lenovo A6000 dibawah ini dengan seksama.

Tutorial Flashing Lenovo A6000 Via Flashtool QFIL

Terlebih dauhulu download bahan-bahan berikut ini :

Stock Rom Lenovo A6000 Plus

Tahapan Flashing Lenovo A6000

  1. Ektrak terlebih dahulu semua bahan yang telah di download sebelumnya
  2. Install USB Driver Lenovo dan QPST di PC/Laptop
  3. Matikan Lenovo A6000 kalian, untuk memastikan smartphone kalian benar-benar mati maka tunggulah beberapa detik saja.
  4. Lanjut hubungkan Lenovo A6000 kalian ke PC/Laptop dengan kabel USB sambil menekan tombol Volume Up (Kondisi HP Mati)
  5. Selanjutnya kalian jalankan QFIL yang ada di All apps kemudian  cara QPST yang telah di install.
Menjalanakan QFIL
menjalankan qfil
  • Setelah QFIL terbuka, kalian pastikan terlebih dahulu bahwa Lenovo A6000 kalian terdeteksi oleh PC yang ditandai dengan keluarnya tulisan Qualcom HS-USB QDLoader 9008 di tools QFIL.
  • Bila sudah nampak tulisan tersebut di atas, lanjutkan dengan klik Browse lalu cari file prog_emmc_firehose_8916.mbn yang ada di dalam folder hasil ekstrak frimware, kemudian klik open.
  • Langkah selanjutnya klik open di file tersebut, maka nanti akan muncul tampilan seperti pada gambar berikut ini
prog_emmc_firehose_8916.mbn
membuka prog_emmc_firehose_8916.mbn
  • Kemudian klik “Load XML” nanti akan muncul “rawprogram_unsparse” klik open di file tersebut kemudian akan muncul lagi file patch0.xml lanjut klik lagi open.
  • Lalu klik saja Download di tools QFIL maka proses flashing akan berjalan, dan tunggulah sampai benar-benar selesai.
  • Jika proses Flashing Lenovo A6000 sudah selesai, maka nanti secara otomatis smarphone kalian akan booting secara otomatis.
  • Tahap flashing selesai.

Cara Reset Lenovo A6000

Hal-hal yang harus kalian  lakukan sebelum melakukan reset pada lenovo A6000

  1. Matikan dahulu lenovo kalian.
  2. Pastikan baterai samartphone lenovo A6000 kalian diatas 50%.
  3. Kemudian tekan secara bersamaan tombol power dan volume up (naik)
  4. Kemudian kalian akan dibawa ke mode recovery. Dalam mode ini kalian tidak bisa menggunakan layar sentuh untuk mengoprasikan, kalian hanya bisa menggunakan tombol volume untuk navigasi naik dan turun serta tombol power untuk OK.
  5. Untuk format pilih Wipe/Data Factory Reset.  Jangan lupa backup terlebih dahulu data-data kalian.
  6. Selanjutnya konfirmasi dengan pilih Yes – Delet All User Data.
  7. Jika proses sudah selesai lanjut dengan mereboot dengan pilih reboot system now.
  8. Maka smartphone Lenovo A6000 kalian akan hidup seperti baru lagi.

Kendala lain yang juga serting dialami oleh para pengguna Lenovo A6000 adalah bootloop dan tidak bisa masuk ke mode recovery.

Nah, berikut ini adalah solusi mengatasi masalah tersebut.

Cara Menangani Lenovo A6000 Bootloop dan Tidak Bisa Masuk Recovery

Berikut ini adalah penyelesain dari masalah tersebut di atas. Namun sebeulnya kalian persiapkan terlebih dahulu bahan-bahan berikut ini :

Jika bahan-bahan di atas sudah kalian download, maka langkah pertama adalah install terlebih dahulu ADB Driver. Ketik Y lalu Enter.

Langkah selanjutnya kalik klik Next dan Install, kemudian apabila ADB Driver sudah terinstall, lihat apda file TWRP Lenovo A6000 dan ubah namanya menajdi recovery.img

Kemudian isi file Flash TWRP ada bile yang bernama Flash-TWRP.bat dan foleder adb, kemudian pindahkan file recovery.img ke folder adb tersebut.

Kebali ke Lenovo A6000 lalu masuk ke mode fastboot. Caranya kalian tinggal matikan lenovo nya, kemudian tekan tombol volume bawah berbarengan dengan tombol power sampai muncul logo fastboot lalu kemudian sambungkan ke PC/Laptop dengan menggunakan kabel USB bawaan.

Setelah itu kalian buka file flash-TWRP.bat, nanti akan muncul tulisan Press any ke to contonue. Tekan saja sembarang tombol (misal tombol spasi).

Jika sudah selesai, kalian bisa mencoba lagi untuk masuk ke recovery. Mudah-mudahan cara di atas berhasil.

Nah untuk kalian yang ingin tau lebih banyak lagi info dan ingin belajar lebih jauh tentang custom dan perbaikan lenovo A6000 kalian bisa bergaung ke Forum XDA Lenovo A6000/Plus, disini dibahas lengkap namun sayangnya berbahasa inggris.

Itu tadi dari kami bagaimana cara melakukan flash lenovo A6000 melalui qfil, semoga tutorial diatas dapat membantu menyelesaikan masalah pada smartphone android kalian.

Untuk selanjutnya kalian bisa lebih berhati-hati lagi dalam merawat atau mengintas aplikasi pada smartphone kalian. Dan ingat, jangan sembarangan melakukan root tanpa ilmu dan pengetahuan yang cukup. Karena kami tidak bertanggung jawab akan kegagalan yang terjadi akibat dari kesalahan dalam melakukan root.

Spesifikasi serta Kelemahan dan Kelebihan Lenovo A6000

Kelebihan Lenovo A6000

Lenovo A6000 hadir dengan dibekali porsesor Qualcomm Snapdragon 410 MSM8916 dengan kapasitas 1.2GHz dan dilengkapi RAM 1GB.

Ponsel ini juga memiliki penyimpanan internal sebesar 8GB dan bisa diperluas sampai 32GB.  Untuk kamera utama lenovo A6000 disematkan dengan 8MP pada bagian belakang dan 2MP di bagian depan.

Lenovo A6000 menjalankan Android 4.4 dan kini juga tersedia Lolilipop dan didukung dengan baterai dengan kapasitas 2300mAh yang dapat di lepas.

Dengan ukuran 141.00 tinggi x 70.00 lebar x 8.20 ketebalan dan berat 128.00 gram. Lenovo A6000 juga dibekali dengan dual SIM (GSM dan GSM) yang menerima Mico-SIM dan Micro-SIM.

Untuk masalah koneksi tersedia juga Wi-Fi, petunjuk lokasi yang sudah terintegrated dengan GPS, dilengkapi dengan Bluetooth, Radio FM, Sinyal 3G dan tentunya suport 4G dengan dukungan untuk Band 40 yang digunakan oleh beberapa jaringan LTE Dunia.

Serta dilengkapi dengan sensor jarak, Accelerometer dan Ambient light sensor.

Kekurangan Lenovo A6000

Kekurangan atau kelemhan dari Lenovo A6000 yakni masih menggunkan baterai dengan kapasitas daya hanya sebesar 2300 mAh, padahal Lenovo A6000 memiliki layar 5  inchi yang semestinya minimal menggunakan battery 3000 mAh.

Belum tersedianya finger prin sebagai fitur keaman serta pada layar lenovo A6000 belum dilengkapi dengan pelindung layar.

Leave a Comment