Cara Mudah Cek IMEI iPhone

Pada kesempatan kali ini kami akan bagikan bagaimana cara mudah untuk mengecek IMEI dari perngkat iPhone.

Tidak sedikit diantara kita yang gemar membeli smartphone dengan asal tanpa memperhatikan ke aslian dari smartphone tersebut.

Nih, buat kalian yang masih suka asal beli HP sebaiknya sebelum membeli kalian harus mengecek IMEI dari samrtphone yang akan kalian beli.

Emangnya kenapa gitu pakek harus di cek IMEI nya.?

Lah memangnya situ mau dapet barang KW alias tidak ori..? tentunya kita sebagai konsumen yang budiman menginginkan perangkat iPhone kita adalah barang yang asli resmi kelauran dari pabrikan iPhone tersebut.

Cara cek IMEI iPhone ini bisa kalaian praktekan di berbagai seri iPhone 4,5,6 dan seri iPhone yang lainnya.

Ngomong-ngomon udah pada tau belum IMEI itu apa..?

Internasional Mobile Equitment Identity atau IMEI ini terdiri dari 15 digit angka.

Fungsi lain selain untuk mengecek keaslian dari iPhone, IMEI juga berguna untuk mengetahui sistem operasi, negara pembuat, model, hardware, serta informasi lainnya termasuk juga garansi iPhone.

Sayangnya tidak sedikit diantara kita masih belum tau bagaiman cara cek IMEI iPhone. Padahal caranya sangat simpel dan mudah.

Cara Cek IMEI iPhone

1. Cek di Bagian Belakang iPhone

Cek di Bagian Belakan iPhone
Cek di Bagian Belakan iPhone

Cara pertama ini bisa kita lakukan dengan tanpa membuka atau menghidupkan iPhone. Cukup melihat di bagian belakan iPhone maka kita akan menemukan nomer seri IMEI iPhone kita.

Namun sayang tidak banyak yang tau akan hal ini.

2. Box atau Kotak iPhone

Cek Pada Kotak iPhone
Cek Pada Kotak iPhone

Pada bagian belakang atau bawah kotak (box) iPhone , kita juga akan menemukan IMEI iPhone. Selain IMEI pada bagian itu juga biasanya terdapat informasi lain seperti misal serial iPhone, model, dan spesifikiasinya.

3. Tray SIM

Cek Pada Tempat Penyimpanan SIM Card
Cek Pada Tempat Penyimpanan SIM Card

Apa itu  Tray SIM.? Tray SIM adalah tempat untuk menaruh sim card. Berbeda dengan jenis smartphone lainnya iPhone juga memudahkan penggunanya dengan menyematkan IMEI pada Tray SIM.

4. Pengaturan iPhone

Cek Melalui Menu Pengaturan
Cek Melalui Menu Pengaturan

Jika cara-cara sebelumnya kita cukup melihat dan mengecek pada bagian fisik iPhone, maka sekarang kita akan mencoba dengan belajar bagaimana cara cek IMEI iPhone melalu pengaturan.

Dan berikut ini adalah tahapan caranya :

  • Buka kunci layar iPhone
  • Lanjut masuk ke setting lalu masuk ke opsi General, kemudian pilih About
  • Di dalam menu  About kita akan menemukan IMEI iPhone kita dan juga beberapa informasi lain seperti ICCID,MEID, Seial Number, dan Sebagainya.

5. Menggunakan Kode

Cek Dengan Menggunakan Kode
Cek Dengan Menggunakan Kode

Cara yang kelima ini  merupakan salah satu cara yang simple. Mengapa demikian..? ya karena kita cukup menekan kode tertentu maka kita akan langusn mendapatkan kode IMEI pada iPhone kita.

Kode yang perlu kita tekan adalah *#06# pada menu panggilan. Kode ini tidak hanya berlaku untuk iPhone saja, melaikan juga bisa gunakan pada smartphone lain seperti Xiaomi, Samsung, Vivo, Oppo, dan smartphone lainnya.

6. Melalui Aplikasi iTunes

Cek Melalui iTunes
Cek Melalui iTunes

iTunes merupakan aplikasi khusus iPhone yang berguna untuk mengisi lagu dan juga backup data pada iPhone. Selain itu iTunes juga bisa kita gunakan untuk mengecek keaslian iPhone kita degnan menampilkan kode IMEI.

Caranya gimana..? berikut cara cek IMEI iPhone menggunakan iTunes :

  • Sambungkan iPhone kita ke PC/Laptop yang sudah terpasang aplikasi iTunes dengan menggunakan USB atau kabel charger iPhone.
  • Tunggu samapi perangkat iPhone kita terdeteksi.
  • Jika sudah berhasil tersambung, Klik Library pada aplikasi iTunes maka nanti secara otomatis dara iPhone kita akan ditampilkan pada layar termasuk didalamnya IMEI iPhone kita.

Demikan itulah berbarapa cara cek IMEI pada iPhone,  mudah bukan. Untuk memastikan keaslian dari iPhone yang kita miliki jangan lupa untuk dipraktekan cara-cara tersebut di atas, dan pastikan antara yang ada pada fisik maupun sistem no IMEI nya sama ya.

Terimakasih sudah berkunjung ^^.

Tinggalkan komentar