Cara Cek Garansi iPhone

Sebagai seorang konsumen kita harus lebih jeli dalam membeli segala sesuatu. Kita harus bisa memastikan bahwa apa yang kita beli merupakan barang asli dan bukanya barang palsu.

Benar memang kata pepatah, kemajuan teknologi ini ibarat dua mata pisau yang tajam. Dengan kemajuan teknologi ada banyak orang yang tidak bertanggung jawab membuat dan mengedarkan barang-barang palsu yang menyerupai aslinya, tidak terkecuali smartphone khususnya iPhone.

cara cek garansi resmi iPhone

Untuk itu, kita harus bisa membedakan mana iPhone yang asli dan mana iPhone yang palsu. Salah satu cara yang bisa kita lakukan untuk membuktikan keaslian dai iPhone yang kita beli adalah dengan mengecek IMEI.

Namun demikian, untuk memastikan keaslian dari iPhone yang kita beli tidaklah cukup hanya dengan mengecek IMEI nya saja. Kita juga harus mengecek garansi dari iPhone yang sudah terlanjur kita beli.

Hadirnya artikel ini dari Aesa-Gfras.net adalah untuk membatu anda dalam membedakan antara iPhone asli dan iPhone KW alias palsu dengan mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis garansi iPhone.


Macam-Macam Jenis Garansi iPhone

1. Garansi Resmi

Merupakan garansi yang diberikan pihak Apple kepada perusahaan atau distributor yang ada dalam suatu negara. Untuk distributor resmi yang ada di Indonesia, biasanya akan memberikan garansi dalam jangka waktu tertentu bagi para pengguna perangkat Apple yang asli.

Nah untuk kalian yang ingin mendapatkan garansi resmi dari iPhone pastikan kalian membeli perangkat Apple dari gerai atau authorized reseller yang ada di Indonesia.

Sebagai tambahan informasi, klaim untuk garansi resmi ini bisa dilakukan di berbagai negara alias memiliki sifat internasional. Namun untuk beberapa seri tertentu hanya bisa dilakukan di negara tempat dimana anda membeli iPhone tersebut.

2. Garansi Internasional

Garansi yang kedua ini merupakan garansi yang paling fleksibel. Pasalnya ketika anda kalian memiliki iPhone dengan garansi internasional ini, maka kalian dapat mengklaim garansi iPhone kepunyaan mu di seluruh authorized reseller yang tersebar diseluruh dunia.

Kalian akan mendapatkan garansi internasional ini apabila kalian membeli perangkat iPhone di luar negeri.

3. Garansi Toko atau Penjual

Garansi jenis ini biasanya diberikan untuk perangkat iPhone dari Black Market (BM), alias palsu, alias KW, alias supercopy atau refubish, dan umumnya garansi ini diberikan selama satu bulan terhitung dari waktu pembelian iPhone Black market tersebut.

Jika dibandingkan dengan iPhone yang bergaransi resmi atau internasional pastinya iPhone garansi toko ini jauh lebih murah. Reputasi dari toko penjual iPhone produk BM (Black Market) ini akan semakin meningkat mana kala toko bersedia bertanggungjawab selama masih dalam masa waktu garansi.

4. Garansi Distributor

Garansi distributor sudah tentu berbeda dengan garansi resmi. Garansi ini diperoleh dari distributor yang memasukkan produk secara ilegal  atau tidak resmi.

Garansi ini tidak ditanggung oleh distributor yang memasukkan iPhone ke Indonesia. Ini berarti ketika anda membeli iPhoen dengan garansi distributor kalian hanya bisa melakukan garansi ke pihak distributor, bukan ke center resmi dari Apple yang ada di Indonesia.

Dan umumnya garansi distributor ini sama dengan garansi toko, dimana harga yang ditawarkan kepada konsumen jauh lebih murah dibandingkan dengan garansi resmi maupun garansi internasional.

Untuk itu anda harus benar-benar waspada dan jeli dalam membeli iPhone,  karena sekarang ini banyak beredar HP iPhone rekondisi atau refurbish yang mengatas namakan garansi distributor.


Cara Cek Garansi iPhone

Setelah anda mengetahui tentang beberapa jenis garansi iPhone yang beredar khususnya di Indonesia, harapan kami anda bisa memastikan bahwa iPhone yang anda gunakan saat ini adalah benar-benar iPhone keluaran Apple yang memiliki garansi resmi (distributor resmi dari pihak Apple).

Berikut ini cara cek garansi resmi dari iPhone :

  • Masuk ke menu Setting atau Pengaturan iPhone anda.
  • Kemudian pilih menu General atau umum.
  • Lanjutkan dengan memilih About atau tentang perangkat.
  • Setelah ini nanti akan tampil dalam layar iPhone anda berupa serial number iPhone.
  • Kemudian klik link ini untuk membuka official Apple, lalu kemudian ketik serial number yang muncul pada layar sebelumnya.
Cara cek IMEI iPhone
  • Setelah itu lanjutkan dengan memasukkan negara anda, lalu pilih See Your Service and Support Coverage yang ada pada menu Service Repair.
  • Jika sudah maka pada layar akan tampil detail dari garansi iPhone yang anda miliki.

5 Tips Untuk Pastikan Membeli iPhone yang Asli

Semakin maraknya peredaran iPhone KW tentunya membuat kita para konsumen khawatir akan mendapatkan iPhone palsu. Untuk menanggulangi hal tersebut Aesa-Gfras.net akan membagikan tips dalam membeli iPhone:

  1. Lakukan pemeriksaan garansi iPhone seperti cara yang sudah kami ulas diatas.
  2. Sebaiknya pembelian langsung dilakukan  (offline) di toko distributor Apple atau di toko virtual.
  3. Jangan buru-buru dibawa pulang, tapi pastikan keaslian produk Apple tersebut dengan membuka dusbook di tempat anda membeli, dan lakukan cek keaslian dengan petugas toko tempat anda membeli.
  4. Cek kartu garansi yang ada didalam dusbook.
  5. Pastikan kode IMEI yang ada dalam sistem sama persih dengan yang ada pada dusbook dan juga body iPhone.

Nah, itulah tadi tips dari kami untuk cara cek garansi iPhone demi memastikan keaslian produk Apple yang anda beli, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.


Kunjungi juga :

Tinggalkan komentar