Cara Mudah Backup Data iPhone

Agar data-data penting dan pribadi yang ada pada iPhone kita tidak hilang secara tiba-tiba maka solusi terbaiknya adalah dengan melakukan backup data.

Demi untuk menjaga beberapa file penting yang ada di iPhone atau alasan tertentuk tidak sedikit orang yang ingin melakukan back up data. Entah karean ingin memformat ulang, update iOS, atau bahkan menjual, para pengguna iPhone biasanya melakukan backup di iTunes atau iCloud.

Nah, yang jadi permasalahnya saat ini adalah tidak semua pengguna iPhone tau bagaimana cara melakukan backup data pada iPhone nya. Karenan memang untuk perangkat iPhone ini sedik berbeda dengan smartphone android lainya.

Jika pada smartphone android kita dapat mengandalkan Google Drive untuk penyimpanan, dan bahkan kita bisa dengan mudah melakukan copy paste di komputer maka hal  tersebut tidak berlaku untuk iPhone.

Melakukan backup data perlu kita lakukan secara berkala. Pasalnya, kita tidak pernah tau kapan iPhone kita akan mengalami masalah. Seperti misalnya lupa password, error, dan kendala lainnya yang mengharuskan kita untuk melakukan reset iPhone kita.

Cara yang akan kami bagikan berikut ini bisa kalain lakukan pada semua jenis iPhone seperti iPhone 5, 6, dan juga seri lainnya. Selain itu kalian bisa juga menggunakan cara ini untuk versi iOS mulai dari iOS 9, 10, 11, dan 12.

Rukun Syarat Melakukan Backup pada iPhone

Sebelum kalian memulai melakukan backup, ada baiknya kalian membaca terlebih dahulu beberapa syarat berikut ini agar proses backup data dapat berjalan dengan lancar.

Syarat dan ketentuan untuk melakukan backup iPhone:

  1. Pastikan batre iPhone kalian terisi 100%, atau setidaknya berda pada angka 50-70%.
  2. Jika kalian hendak melakukan backup di Cloud, pastikan kalian sudah memiliki akun di iCloud dan ruang yang cukup di akun tersebut. Pastikan juga koneksi internet stabil. Kami sarankan gunakan Wifi untuk melakukan backup, karena apabila kita menggunakan data seluler bisa dipastikan kalian akan kehabisan kuota.
  3. Jika melakukan backup iPhone dengan menggunakan iTunes. Pastikan baterai lapto kita gunakan dalam keadaan full atau sediakan charger disamping kalian. Pastikan juga aplikasi iTunes kalian adalah versi yang terbaru, dan jangan lupa gunakan kabel USB asli bawan dari iPhone.

Cara Backup iPhone Dengan iCloud

Cara pertama yang akan kita basa untuk membackup iPhone adalah dengan menggunkaan iCloud.

iCloud merupakan sebuah media penyimpanana yang berbentuk claud yang secara resmi digagas oleh Apple.

Dengan menggunakan iCloud kita dapa melakuakn penyimpanan data secara online. Cara kerja iCloud tidak jauh berbeda dengan cara kerja dari Google Drive maupun Dropbox.

iCloud dapat menyimpan berbagai data berupa file dokumen, gambar, video, dan juga musik. Kita juga dapat mengakses data-data tersebut dimanapun dan kapanpun dengan catatan iPhone kita terhubung koneksi internet.

Langkah atau Cara Cadangkan Data ke iCloud

  1. Pertama pastikan iPhone kita sudah terhubung dengan data internet, saran kami usahakan menggunkan WiFi.
  2. Jiak menggunkan iOS 7, masuk kemenu pengaturan dan selanjutnya pilih menu iCloud  kemudian pilih Penyimpanan dan Cadangan.
  3. jika kalian pengguna iOS 8, masuk pada menu settings kemudian pilih menu iCloud kemudian pilih Cadangan.
Cara Backup Menggunakan iCloud
Cara Backup Menggunakan iCloud
  • jika kalian menggunakan iOS9, 10, 11, dan 12. Silahkan buka menu pengaturan kemudain buka Apple ID (nama kita) setelah itu pilih iCloud. Kemudain Cadagnkan Sekarang.
  • Tunggu sejenak sampai proses mendangkan selesai.
  • Terakhir untuk memastikan apakah backup data sudah selesai silahkan cek di Pengaturan, lalu kemudian pilih iCloud, Penyimpanan. Maka nanti backup data yang sudah kita lakukan akan munul beserta ukuran dan waktunya.

Cara Backup iPhone Menggunakan iTunes

Cara lain untuk melakukan backup data pada iPhone adalah dengan menggunkan iTunes. Nah, untuk proses backup data dengan menggunakan iPhone ini kita membutuhkan Laptop atau PC yang sudah terinstall aplikasi iTunes.

Cara Backup data Menggunakan iTunes

  1. Pastikan bawah PC atau Laptop yang kalian gunakan sudah memiliki aplikasi iTunes.
  2. Selanjutnya jalankan aplikasi itu dan hubungkan iPhone atau iPad kalian ke laptop dengan menggunakan kabel USB asli bawan iPhone.
  3. Jika kalian diminta untuk masukkan kode sandri perangkat, ikuti lanngkah-langkah yang ada pada layar Laptop.
  4. Setelah iPhone kita terbaca, maka klik File lalu Perangkat kemudian Cadangkan.
  5. Tunggu samapi proses pencadangan selesai.
Cara Backup Menggunakan iTunes
Cara Backup Menggunakan iTunes
  • Untuk melihat apakah data sudah terbackup di iTunes kalian bisa melihat di menu Preferensi di iTunes. Kemudian klik Perangkat, maka nanti akan muncul pada layar laptop hasil dari backup data.

Cara Cadangkan Data di iCloud Secara Otomatis

Jika kalin enggan mencadankan data pada iPhone ke iCloud secara manual, kalian bisa mengatur cadangkan data di iCloud secara otomatis.

Berikut ini adalah cara mencadangkan data iPhone di iCloud secara otomatis :

  1. Langkah pertama pastikan Cadangkan iCloud telah di aktifkan pada perangkat iPhone. Untuk mengaktifkannya kalian bisa masuk ke menu Pengaturan, kemudian tekan naman kita lalu pilih iCloud kemudian pilih Cadangkan iCloud.
  2. Pastikan perangkat iPhone kita terhubung dengan WiFi.
  3. Hal terpenting lainnya yang musti kalian pastikan adalah bahwa perangkat iPhone kalian memiliki ruang yang cukup di iCloud. Maksimal data yang disediakan oleh iCloud secara gratis adalah sebesar 5GB. Namun jika kalian ingin menambah ruang penyimpanan pada iCloud kalian bisa membelinya dengan harga mulai dikisaran USD 0,99 per bulan dengan kapasitas penyimpanan sebesar 50GB.

Cara Restore iCloud

Jika cara diatas sebelumnya adalah melakukan backup data menggunkan iCloud, maka cara berikut ini adalah untuk melakukan resore data dari iCloud.

Cara berikut ini bisa kalian lakukan dimana saja dan kapan saja, asalkan perangkat iPhone kalian terhubung dengan internet.

Cara Memulihkan/Restore iCloud pada iPhone:

  1. Pastikan perankat iPhone terkoneksi internet (WiFi)
  2. Masuk kemenu iCloud kemudian pilih Pulihkan dari Cadangan iCloud. Atau dalam bahasa inggris pilih Restore from iCloud Backup.
Cara Restore iCloud
Cara Restore iCloud
  • Pilih backup data sesuaikan dengan tanggal dan waktu kapan  kalain melakukan backup data iPhone.
  • Selanjutnya masukan rincian akun kita untuk mendapatkan akses ke iCloud.
  • Tunggu sejenak sampai data selesai di restore, dan selalu pastikan perangkat iPhone kalian terhubung dengan koneksi internet.

Cara Restore Data di iTunes

Berikut ini adalah cara restore atau memulihkan data backup pada iPhone di iTunes.

Cara Memulihkan Cadangan iTunes

  1. Buka aplikasi iTunes pada PC atau Laptop.
  2. Jalankan aplikasi dan pastikan aplikasi iTunes yang kalian gunakan adalah versi terbaru. Jika belum kalian bisa mengupdate nya dengan memilih notifikasi pembaruan yang muncul pada aplikasi iTunes.
Restore Meneggunakan iTunes
Restore Meneggunakan iTunes
  • Selanjutnya pilih backup data yagn sesuai denga waktu dan tanggal kapa kalian melakukan backup data di iPhone tersebut.
  • Lalu klik Pulihkan atau Restore.  Tunggu proses restore sampai selesai, dan pastikan iPhone tetap terhubung dengan komputer samapi proses backup data selesai.

Demikain tadi beberapa langkah dan cara mudah untuk melakukan backup data pada iPhone dengan menggunakan iCloud maupun iTunes. Semoga artikel ini bermanfaat dan berguna bagi para pembaca sekalian. Trimakasih sudah berkunjung.  

Tinggalkan komentar